Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

About

PERUBAHAN KEBUDAYAAN DAN PENYESUAIAN DIRI ANTARBUDAYA


Masyarakat dan kebudayaan dimanapun selalu dalam keadaan berubah, sekalipun masyarakat dan kebudayaan primitive yang terisolasi jauh dari berbagai perhubungan dengan masyarakat yang lainnya. Terjadinya perubahan ini disebabkan oleh beberapa hal :
1.      Sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri, misalnya perubahan jumlah dan komposisi penduduk.
2.      Sebab-sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup. Masyatakat yang hidupnya terbuka, yang berada dalam jalur-jalur hubungan dengan masyarakat dan kebudayaan lain, cenderung untuk berubah secara cepat.
Perubahan ini, selain karena jumlah penduduk dan komposisinya, juga karena adanya difusi kebudayaan, penemuan-penemuan baru, khususnya teknologi dan inovasi.
Perubahan sosial dan perubahan kebudayaan ini berbeda. Dalam perubahan sosial terjadi  perubahan struktur sosial dan pola-pola hubungan sosial, antaralain sistem status, hubungan-hubungan dalam keluarga, sistem politik dan kekuasaan, serta persebaran penduduk. Sedangkan yang dimaksud perubahan kebudayaan ialah perubahan yang terjadi dalam sistem ide yang dimiliki bersama oleh para warga atau sejumlah warga masyarakat yang bersangkutan, antaralain aturan-aturan, norma-norma, yang digunakan sebagai pegangan dalam kehidupan, juga teknologi, selera, rasa keindahan (kesenian), dan bahasa. Walaupun perubahan sosial dan perubahan kebudayaan itu berbeda, pembahasan kedua perubahan itu tidak akan mencapai suatu pengertian yang benar tanpa mengaitkan keduanya.
Suatu bentuk perubahan sosial yang di dalam masyarakat dengan kebudayaan primitive maupun dengan kebudayaan yang kompleks (maju) adalah proses imitasi, yang dilakukan oleh  generasi yang muda terhadap generasi yang lebih tua. Proses ini dilakukan dengan belajar meniru yang belum tentu sempurna, bahkan tak sempurna, dari berbagai pola tindakan orang tua sehingga hasilnya berjalan lambat dan perubahannya baru terasa apabila sudah mencapai jangka waktu yang panjang.
Sedangkan perubahan di dalam masyarakat yang maju (kompleks) biasanya terwujud melalui proses penemuan (discovery) dalam bentuk penciptaan yang baru (invention) dan melalui proses difusi.
Jadi discovery ini merupakan jenis penemuan baru yang mengubah persepsi mengenai hakikat suatu gejala melalui hubungan dua gejala atau lebih. Invention adalah suatu pembuatan bentuk baru yang berupa benda (pengetahuan) yang dilakukan melalui proses penciptaan dan didasarkan atas pengombinasian-pengombinasian pengetahuan-pengetahuan yang sudah ada mengenai benda dan gejala.
Proses penerimaan perubahan berbagai faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu unsure kebudayaan baru diantaranya:
1.      Terbiasanya masyarakat memiliki hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan dengan orang-orang yang berasal dati luar masyarakat tersebut.
2.      Jika pendangan hidup dan nilai-nilai yang dominan dalam suatu kebudayaan ditentukan oleh nilai agama, dan ajatan ini terjalin erat dalam keseluruhan pranata yang ada, maka penerimaan unsure-unsur baru itu mengalami kelambatan dan harus disensor dulu oleh berbagai ukuran yang berlandaskan ajatan agama yang berlaku.
3.      Corak struktur sosial suatu masyarakat turut menentukan peoses penerimaan kebudayaan baru. Misalnya, sistem otoriter akan sukar menerima unsure kebudayaan baru.
4.      Suatu unsure kebudayaan diterima jika sebelumbya sudah ada unsure-unsur kebudayaan yan menjadi landasan bagi diterimanya unsure kabudayaan yang baru tersebut.
5.      Apabila unsure baru itu memiliki skala kegiatan yang terbatas, dan dapat dengan mudah dibuktikan kegunaannya oleh warga masyarakat yang bersangkutan.
PERISTIWA-PERISTIWA PERUBAHAN KEBUDAYAAN
#Cultural lag
Cultural lag adalah perbedaan antara taraf kemajuan berbagai bagian dalam kebudayaan suatu masyarakat. Artinya ketinggalan kebudayaan, yaitu selang waktu antara saat benda itu diperkenalkan pertama kali dan saat benda itu diterima secara umum sampai masyarakat dapat menyesuaikan diri tehadap benda tersebut.
#Cultural survival
Istilah ini ada sangkut pautnya dengan cultural lag karena mengandung pengertian adanya suatu cara tradisional yang tak mengalami perubahan sejak dahulu sampai sekarang. Cultural survival adalah suatu konsep yang lain, dalam arti bahwa konsep ini dipakai untuk menggambarkan suatu praktek yang telah kehilangan fungsi pentingnya seratus persen, yang tetap hidup dan berlaku semata-mata hanya di atas landasan adat istiadat semata-mata. Jadi pengertian lag dapat dipergunakan paling sedikit dalam dua arti, yaitu:
1.      Suatu jangka waktu antara terjadinya penemuan baru dan ditrimanya penemuan baru tadi.
2.      Adanya perubahan dalam pikiran manusia dari alam pikiran tradisional ke alam pemikiran modern.Terjadinya cultural lag ialah karena adanya hasil ciptaan yang baru yang membutuhkan  aturan-aturan serta pengertian yang baru yang berlawanan dengan hukum-hukum serta cara-cara bertindak yang lama, tetapi adapula kelompok yang memiliki sifat keterbukaan, malahan mengharapkan timbulnya perubahan dan menerimanya dengan mudah tanpa mengalami cultural lag.
a.  Pertentangan kebudayaan (cultural conflict)
     Pertentangan kebudayaan ini muncul sebagai akibat relatifnya kebudayaan. Hal ini terjadi akibat konflik langsung antar kebudayaan.
b.  Guncangan kebudayaan (culture shock)
      Hal ini, Kalervo Oberg (1958) menyebutnya sebagai suatu penyakit jabatan dari orang yang tiba-tiba dipindahkan ke dalam suatu kebudayaan yang berbeda dari kebudayaannya sendiri, semacam penyakit mental yang tidak disadari oleh korbannya.

    Penyesuaian diri antarbudaya dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern menurut Brislin (1981), ialah faktor watak (traits) dan kecakapan (skills). Watak adalah segala tabiat yang membentuk kepribadian seseorang. Kecakapan dipelajari mengenai lingkungan budaya yang akan dimasuki, seperti bahasa, adat-istiadat, tata karma, keadaan geografi, keadaan ekonomi, situasi politik, dan sebagainya. Selain keduanya itu, ada pula juga sikap (attitude) seseorang berpengaruh terhadap penyesuaian diri antarbudaya. Menurut Alport, yang dimaksud dengan sikap disini adalah kesiagaan mental atau saraf yang terbina melalui pengalaman yang memberikan pengarahan atau pengaruh terhadap bagaimana seseorang menanggapi segala macam objek atau situasi yang dihadapinya.

·         REVITALISASI BENTENG VREDEBURG
Revitalisasi merupakan suatu proses mendapatkan kebudayaan yang lebih memuaskan dengan penerimaan pola inovasi berganda, melalui gerakan-gerakan tertentu. Hal ini merupakan yang diucapkan pula oleh pengelola Benteng Vredeburg. Benteng  yang didirikan sejak 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I atas permintaan Belanda pada masa itu, memiliki kisah yang sedemikian panjang hingga menjadi bangunan legendaries seperti sekarang ini. Benteng Vredeburg kini disebutnya, pada awalnya merupakan sebuah bangunan yang sangat sederhana, yang di bangun hanya dengan tanah dan kayu pohon kelapa dan aren, kini berubah menjadi sebuah bangunan yang kokoh. Hal ini terjadi karena adanya revitalisasi dari masa ke masa disesuaikan dengan keadaan, manfaat dan kepentingan pada masa itu.
Seperti apa yang telah dijelaskan pada bagian sejarah di atas, bahwa dari masa ke masa pemerintahan kasultanan, dan pendudukan Belanda, Benteng inipun mempunyai fungsi sebagai tempat pengawasan keamanan keraton, namun bukan demikian adanya, melainkan sebagai tempat mengontrol segala kegiatan yang ada di dalam keraton. Benteng ini semula sebagai tempat pertahanan dan di jadikan sebuah tempat tahanan pada masa perang dahulu. Benteng ini merupakan saksi peperangan 4 jaman pendudukan, jelas narasumber kami yakni (Belanda, Jepang, Inggris dan Kemerdekaan). Pada ke-empat jaman ini Benteng ini tetap berfungsi sebagai tempat pertahanan dan perlindungan, dan semula ini bernama Rustenburg atau benteng peristirahatan. Semakin maju jaman, semakin di kembangkan pula benteng ini, dan juga dilaksanakan pemugaran agar senantiasa tetap terjaga.
Sejak 1992 benteng Vredeburg resmi menjadi sebuah museum, yang kemudian juga benteng ini beralih fungsi sebagai sebuah wahana wisata pendidikan dan budaya. Pada tahun 2011 lalu telah berhasil dilaksanakan revitalisasi diorama 1 dan 2, yang kini telah dilengkapi dengan fitur touch screen di setiap ruang diorama, sebagai sarana penunjang untuk mendapatkan keterangan lebih lengkap mengenai peristiwa-peristiwa sejarah yang disajikan dalam diorama. Hal ini tak lain dikarenakan adanya penemuan dan kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian tampilan diorama semakin apik dan perubahan ini juga diikuti oleh pertambahan minat dan jumlah pengunjung di Benteng Vredeburg. Tak hanya itu pengelola atau pengurus benteng menyatakan perencanaan revitalisasi lebih lanjut pada diorama 3 dan 4 yang kini sudah mulai terealisasi, dengan harapan akan semakin menarik minat pengunjung dan pemeliharaan yang baru tanpa menghilangkan keasliannya.
Benteng Vredeburg yang kini berstatus sebagai museum lebih difungsikan sebagai wisata pendidikan oleh karena itu kebanyakan pengunjung adalah rombongan sekolah-sekolah mulai dari sekolah dasar SD, SMP, SMA, dan tanpa terkecuali mahasiswa perguruan tinggi yang dapat menelitinya lebih lanjut, dan masyarakat umum. Kunjungan dari sekolah-sekolah tercatat meningkat dengan adanya peraturan wajib kunjung museum di sekolah-sekolah. hal ini pula dikarenakan adanya hasil dari penelitian yang menyatakan bahwa bangunan benteng ini memiliki nilai edukasi yang tinggi, yang kemudian dicanangkan sebagai museum sehingga dapat lebih bermanfaat dibandingkan hanya sebagai sebuah bangunan peninggalan sejarah saja, maka dari itu benteng ini telah beralih fungsi disesuaikan dengan kondisi dan komposisi masyarakat kini yang sudah jauh lebih maju dibandingkan dengan masyarakat lalu yang hanya menggunakan benteng ini sebagai tempat pertahanan dan perlindungan.
Sama halnya dengan ruang atau bangunan sekitar benteng yang sudah tidak berfungsi seperti parit yang mengelilingi benteng yang pada jaman dahulu digunakan sebagai sarana strategi perang kini di aktifkan kembali agar tidak mati fungsi bagitu saja, dengan dilakukan perbaikan-perbaikan yang kini tengah mulai di kerjakan. Hal ini menambah jelas perubahan fungsi dari benteng itu sendiri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Anonim mengatakan...

CS Casino | Best Online Casinos for CSGO - Shootercasino
CSGO has exploded in popularity over the past few years as 온라인카지노 an exciting and fun way to play and win skins. 카지노 가입 쿠폰 As such, you can find CSGO skins for real money and

halamjackie mengatakan...

Casinos near Harrisburg, Harrisburg, West Virginia - Mapyro
Casinos near Harrisburg, West Virginia. 당진 출장안마 Find hotels, 목포 출장샵 motels, 전라북도 출장마사지 and other lodging near Harrisburg, 영주 출장마사지 West Virginia. 여주 출장마사지

Unknown mengatakan...

The Dream - Casino | Jordan 8 Realty
Welcome to the Hotel. We air jordan 18 retro racer blue cheap are looking for a welcoming night out. Located in the top air jordan 18 retro racer blue heart real air jordan 18 retro varsity red of Israel, our where can i find air jordan 18 retro toro mens sneakers resort has a Mediterranean-themed atmosphere with a air jordan 18 retro red online store

Posting Komentar